WIDE GAME MENUMBUHKAN KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA
WIDE GAME MENUMBUHKAN KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA
1.
Facts
(Peristiwa):
Sebagai calon guru penggerak mapel
penjasorkes di tingkat sekolah dasar, saya memiliki keinginan untuk
mendewasakan siswa. Karakter siswa yang displin, bertanggung jawab, tanggap
terhadap peristiwa, peduli dan berbudi pekerti ingin daya tumbuhkan pada siswa
semenjak dini.
Bermula dari kegiatan jalan sehat dihari
jumat, anak bercengkrama dengan saya terkait keinginannya. Dimana anak
menginginkan kegiatan yang melibatkan semua siswa di lakukan diluar kelas
seperti kegaitan jalan sehat. Dari keinginan beberapa siswa tersebut, saya
menindak lanjuti dengan mewawancarai siswa lain untuk mendapatkan informasi.
Dari hasil wawancara, hampir semua siswa menginginkan hal yang sama.
Hasil wawancara dengan siswa, saya bawa pada
forum rapat sekolah. Apa yang saya utarakan, didukung oleh pimpinan dan teman
sejawat. Dimana hasil rapat setuju untuk diadakan kegiatan yang mengakomodir
kebutuhan siswa. Terbentuklah JUSE ( Jumat Sehat ) sebagai agendha kegiatan
setiap hari jumat : dengan jadwal
jumat 1 : senam
bersama
jumat 2 :
kebersihan lingkungan
jumat 3 : wide
game
jumat 4 : jalan
sehat
sebagai program unggulan adalah JUSE jumat ke 3 “ WIDE GAME “.
Didalam wide game terdapat berbagai bentuk kegiatan yang bertujuan membentuk
karakter siswa. Bentuk –bentuk kegiatan berasal dari siswa, dimana siswa dapat
mengusulkan bentuk kegiatan yang akan dilakukan di jadwal wide game. Kemudian
siswa juga akan memilih kegiatan yang akan dilakukan dari usulan yang ada.
Setelah memilih siswa menyiapkan kebutuhan untuk melakukan kegiatan tersebut.
Pendamping memantau kegiatan dan
membantu siswa jika terjadi masalah.
Mencoba kegiatan pertama, siswa melakukan peraminan menjala ikan.
Tujuan dari kegiatan,
a.
siswa
sportif jika menjadi penjaga/ jarring maupun ikan
b.
komunikasi
dengan teman
c.
kerja sama
dengan teman
d.
tanggung
jawab
Keputusan yang melibatkan semua warga
sekolah, adalah bentuk dari keputusan kita sebagai pemimpin pembelajaran, yang
menginginkan pembelajaran yang memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah
yang nantinya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.
Feelings
(Perasaan):
Perasaan saat melakukan kegiatan wide game, siswa antusias dalam
melakukan kegiatan. Kegiatan yang berasal dari siswa, dipilih siswa dan
dieksekusi sendiri oleh siswa akan lebih maksimal dalam pelaksanaannya. Dengan
dukungan semua warga sekolah, kegiatan ini dapat berjalan baik.
3.
Findings
(Pembelajaran):
1.
Kolaborasi
dibutuhkan dalam mensukseskan kegiatan
2.
Anak
memiliki keinginan untuk berkembang dalam pembelajaran
3.
Kegiatan
dari siswa
4.
Siswa
sebagai pelaku utama
4.
Future
(Penerapan):
Kegiatan
kepemimpinan siswa saya lakukan disaat jeda semester. Mencoba mendisaign kegiatan
bersama siswa- siswi di sekolah. Anak memunculkan ide dan gagasan yang
diterapkan dalam kegiatan. Kegiatan ini akan saya lakukan kontinyu dan
berkesinambungan setelah tahun ajaran baru 2022/2023.
Keren Pak Amilu, bisa untuk refresing agar tidak jenuh di dalam kelas dan mengasah kreatifitas.....
BalasHapus