WIDE GAME MENUMBUHKAN KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA

                            WIDE GAME MENUMBUHKAN KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA 


                                                           

1.       Facts (Peristiwa):

Sebagai calon guru penggerak mapel penjasorkes di tingkat sekolah dasar, saya memiliki keinginan untuk mendewasakan siswa. Karakter siswa yang displin, bertanggung jawab, tanggap terhadap peristiwa, peduli dan berbudi pekerti ingin daya tumbuhkan pada siswa semenjak dini.

Bermula dari kegiatan jalan sehat dihari jumat, anak bercengkrama dengan saya terkait keinginannya. Dimana anak menginginkan kegiatan yang melibatkan semua siswa di lakukan diluar kelas seperti kegaitan jalan sehat. Dari keinginan beberapa siswa tersebut, saya menindak lanjuti dengan mewawancarai siswa lain untuk mendapatkan informasi. Dari hasil wawancara, hampir semua siswa menginginkan hal yang sama.

Hasil wawancara dengan siswa, saya bawa pada forum rapat sekolah. Apa yang saya utarakan, didukung oleh pimpinan dan teman sejawat. Dimana hasil rapat setuju untuk diadakan kegiatan yang mengakomodir kebutuhan siswa. Terbentuklah JUSE ( Jumat Sehat ) sebagai agendha kegiatan setiap hari jumat : dengan jadwal

jumat 1                 : senam bersama

jumat 2                 : kebersihan lingkungan

jumat 3                 : wide game

jumat 4                 : jalan sehat

sebagai program unggulan adalah JUSE jumat ke 3 “ WIDE GAME “. Didalam wide game terdapat berbagai bentuk kegiatan yang bertujuan membentuk karakter siswa. Bentuk –bentuk kegiatan berasal dari siswa, dimana siswa dapat mengusulkan bentuk kegiatan yang akan dilakukan di jadwal wide game. Kemudian siswa juga akan memilih kegiatan yang akan dilakukan dari usulan yang ada. Setelah memilih siswa menyiapkan kebutuhan untuk melakukan kegiatan tersebut. Pendamping  memantau kegiatan dan membantu siswa jika terjadi masalah.

Mencoba kegiatan pertama, siswa melakukan peraminan menjala ikan. Tujuan dari kegiatan,

a.       siswa sportif jika menjadi penjaga/ jarring maupun ikan

b.      komunikasi dengan teman

c.       kerja sama dengan teman

d.      tanggung jawab

 Program JUSE dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan ASet yang dimiliki sekolah. Berbagai sarana prasarana yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan JUSE wide game. Asset manusia, asset agama dan budaya, asset fisik, dan asset alam dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai referensi untuk membuat suatu bentuk kegiatan yang  berpusat pada anak.

Keputusan yang melibatkan semua warga sekolah, adalah bentuk dari keputusan kita sebagai pemimpin pembelajaran, yang menginginkan pembelajaran yang memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah yang nantinya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. 

2.       Feelings (Perasaan):

Perasaan saat melakukan kegiatan wide game, siswa antusias dalam melakukan kegiatan. Kegiatan yang berasal dari siswa, dipilih siswa dan dieksekusi sendiri oleh siswa akan lebih maksimal dalam pelaksanaannya. Dengan dukungan semua warga sekolah, kegiatan ini dapat berjalan baik.Memanfaatkan asset yang ada di sekolah untuk mensukseskan kegiataan.

 

3.       Findings (Pembelajaran):

1.       Kolaborasi dibutuhkan dalam mensukseskan kegiatan

2.       Anak memiliki keinginan untuk berkembang dalam pembelajaran

3.       Kegiatan dari siswa

4.       Siswa sebagai pelaku utama

 

4.       Future (Penerapan):

Kegiatan kepemimpinan siswa saya lakukan disaat jeda semester. Mencoba mendisaign kegiatan bersama siswa- siswi di sekolah. Anak memunculkan ide dan gagasan yang diterapkan dalam kegiatan. Kegiatan ini akan saya lakukan kontinyu dan berkesinambungan setelah tahun ajaran baru 2022/2023.







Komentar

  1. Keren Pak Amilu, bisa untuk refresing agar tidak jenuh di dalam kelas dan mengasah kreatifitas.....

    BalasHapus

Posting Komentar