BUDAYA GOTONG ROYONG DI SD NEGERI 3 GIRIWOYO



PGP ANGKATAN 4 KABUPATEN WONOGIRI

LAPORAN HASIL AKSI NYATA

MODUL 1.4

Disusun untuk memenuhi satu tugas Program Guru Penggerak

 

  

BUDAYA GOTONG ROYONG

BAGIAN DARI KESEPAKATAN KELAS

 

 

 

OLEH

AMILU AVILIYANTO, S.Pd.Kor

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4

SD NEGERI 3 GIRIWOYO

KABUPATEN WONOGIRI

 

 

 

1.      LATAR BELAKANG

Gotong royong merupakan identitas bangsa Indonesia. Menjadi ciri khas bangsa Indonesia semnejak dahulu. Rasa kebersamaan karena kebutuhan hidup untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Diberbagai Negara gotong royong pastinya ada, tetapi tidak sekuat dan dirasakan di bangsa Indonesia. Di Negara lain kecenderungan masyarakat bersifat acuh tak acuh. Gotong royong merupakan budaya postitif yang harus dijaga sebagai warisan bangsa. Dengan gotong royong pastinya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat.

Secara detail bahwa gotong royong adalah sikap yang dilakukan bersama – sama hadil dari kesepakatan yang telah terbentuk. Gotong royong dilakukan minimal 2 orang, jika dilakukan lebih banyak orang maka semakin meriah dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Usaha yang dilakukan bersama – sama itulah ciri khas bangsa Indonesia. Dari rasa kebersamaan, hormat menghormati dan saling membuthkan yang terintegrasi dalam kegiatan gotong royong akan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Begitu juga yang terjadi di sekolah kami. Dengan lingkungan sekolah yang masih di pedesaan, rasa kebersamaan di sekolah kami masih kuat. Walapun belakng ini, murid – murid kami mulai lupa dengan perilaku gotong royong. Kami sadar bahwa karakter ini sangat baik, maka dari itu budaya positif gotong royong ini jangan sampai hilang di masyarakat Indonesia. Akan kami lestarikan di lingkungan sekolah kami.

Di lingkungan kelas, kami buat kesepakatan kelas sebagai bentuk gotong royong dalam menetapkan kesepakatan bersama. Bekerja sama membuat kebijakan bersama, dilakukan bersama dan diubah sesuai kebutuhan bersama. Kesepakatan yang mencerimkan kepribadian kelas masing – masing. 

 

2.        TUJUAN

1.      Menumbuhkan rasa kebersamaan dalam diri warga sekolah

2.      Memberikan contoh bentuk bentuk gotong royong di lingkungan masyarakat

3.      Membekali siswa tentang pengertian dan keterampilan gotong royong

4.  Kesepakatan kelas sebagai bentuk gotong royong dalam membuat suatu aturan yang disepakati bersama

 

 

3.      PENERAPAN KEGIATAN GORONG ROYONG DI SEKOLAH

a.       Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Melakukan pekerjaan bersama- sama sangatlah menyenangkan. Selain mempermudah pekerjaan, serta mempercepat pekerjaan, melakukan gotong royong dapat menumbuhkan sikap saling menghormati, menghargai dan kerjasama. Hidup tidak dapat sendiri, di dalam masyarakat kita membutuhkan social dan hubungan dengan orang lain. Mengenalkan gotong royong di lingkungan sekolah sejak dini membentuk karakter baik yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.

 

b.      Ide atau gagasan  yang timbul sepanjang proses perubahan

1.        Mendokumentasikan kegiatan gotng royong di sekolah sebagai contoh di masa depan

2.        Tidak membedakan jenis pekerjaan, sehingga semua warga merasakannya

3.        Melakukan jenis gotong royong yang berhubungan langsung dengan aktivitas masyarakat

 

c.       Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan baik

1.      Gorong royong mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan

2.      Pengalam hidup dalam hal berinteraksi dan social

 

d.      Foto bercerita dari keseluruhan pelaksanaan aksi

                                                              i.      Gotong royong membersihkan halaman sekolahan

 


 

            


             

 

                                                            ii.      Gotong royong menanam

             


                    


                    

 

                 



 

                                                          iii.      Gotong royong siswa dalam melaksanakan tugas

                 


                 


 

                                                          iv.      Gotong royong ptk

 



 

                                                            v. Kesepakatan kelas

                                        





                                   vi.  Refleksi 

1.      Siswa semangat untuk melakukan pekerjaan secara bersama – sama

2.      Siswa mendapatkan pengalaman langsung

3.      Guru dan siswa terlibat langsung dalam kegiatan

 

e.       testimony aksi nyata perubahan

                                                              i.      siswa

1.      siswa bersemangat dalam melakukan kegiatan

2.      siswa mengerti pembagian tugas dalam suatu pekerjaan

3.      mempercepat penyelesaian kegiatan

                                                             ii.      guru

1.      guru memberi contoh dan terlibat langsung dalam kegiatan

2.      guru membimbing langsung pada siswa dalam melakukan gotong royong

3.      mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan

                                                          iii.      Kepala sekolah

1.      Menjadikan guru dan siswa berperan aktif dalam kegiatan gotong royong

2.      Mendukung kegiatan gotong royong dalam lingkungan sekola

 

Link kegiatan aksi nyata modul 1

https://drive.google.com/file/d/1TblfzQkv6be1UFsegByA0d63R5pu95ng/view?usp=sharing


Komentar

Posting Komentar